Memahami Kesetaraan Gender dalam Masyarakat

Di banyak masyarakat terdapat perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan serta lelaki dan perempuan dewasa dalam hal kesempatan, tanggung jawab, hak dan manfaat/keuntungan yang diberikan serta kegiatan yang mereka lakukan. Walaupun banyak variasi antar budaya dan menurut waktu, terdapat sebuah gambaran yang sama:

Relasi gender di seluruh dunia dicirikan oleh relasi-relasi yang tidak setara dan tidak seimbang antara kedua jenis kelamin. Terdapat perbedaan, misalnya akses ke pendidikan dan pelatihan antara anak laki-laki dan perempuan, serta beban kerja antara laki-laki dan perempuan dewasa, akses dan kontrol terhadap manfaat/keuntungan dan sumberdaya dan dalam peran pengambilan keputusan. 

Kesetaraan gender, atau kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, merujuk pada kesamaan hak, tanggungjawab, kesempatan, perlakuan, dan penilaian bagi kaum lelaki dan perempuan: dalam hubungan antara kerja dan kehidupan. Kesetaraan gender berarti bahwa semua orang dari segala umur dan jenis kelamin harus memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil dalam hidup. Ini berarti bahwa semua manusia harus memiliki akses dan kontrol terhadap sumber daya dan manfaat yang setara, dengan kata lain secara adil, sehingga semua orang dapat mengambil manfaat dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Peningkatan kesetaraan gender adalah tentang penjaminan atas hasil yang sama dan bagian yang sama bagi laki-laki dan perempuan sehingga semua orang diperlakukan sesuai dengan martabat kemanusiaan dan mendapat kesempatan untuk berkembang secara optimal menuju kualitas hidup yang lebih baik bagi semua orang. Peningkatan kesetaraan gender tidak berarti bahwa laki-laki dan perempuan harus menjadi benar-benar sama. Perempuan dan laki-laki bisa dan memang berbeda, tetapi harus mempunyai hak, tanggung jawab, dan kesempatan yang setara.

Cara anak laki-laki dan anak perempuan atau laki-laki dan perempuan dewasa diperlakukan dan hasil kerja mereka dihargai tidak boleh didasarkan pada apakah mereka terlahir sebagai laki-laki atau perempuan. Karena itu kesetaraan gender meliputi hak asasi manusia dan hak pekerja yang sama dan nilai yang setara serta distribusi yang adil dari: tanggungjawab dan kesempatan-kesempatan, beban kerja dan pengambilan keputusan.


0 Response to "Memahami Kesetaraan Gender dalam Masyarakat"

Posting Komentar